Renang
A.Sejarah renang
Manusia sudah dapat berenang sejak
zaman prasejarah, bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang
perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di “gua perenang” yang berdekatan
dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir barat daya. Catatan tertua mengenai
berenang berasal dari 2000 SM. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut
tentang berenang adalah Epos Gilgamesh, Iliad, Odyssey, dan Alkitab (Kitab
Yehezkiel 47:5, Kisah Para Rasul 27:42, Kitab Yesaya 25:11), serta Beowulf dan
hikayat-hikayat lain. Pada 1538, Nikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari
Jerman menulis buku mengenai renang yang pertama, Perenang atau Dialog mengenai
Seni Berenang (Der Schwimmer oder ein Zwiegespräch über die Schwimmkunst).
Perlombaan renang di Eropa dimulai
sekitar tahun 1800 setelah dibangunnya kolam-kolam renang. Sebagian besar
peserta waktu itu berenang dengan gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen
memperkenalkan gaya rangkak depan atau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang
di dunia Barat. Trudgen menirunya dari teknik renang gaya bebas suku Indian di
Amerika Selatan. Renang merupakan salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade
Athena 1896. Pada tahun 1900, gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru
renang Olimpiade. Persatuan renang dunia, Federation Internationale de Natation
(FINA) dibentuk pada 1908. Gaya kupu-kupu yang pada awalnya merupakan salah
satu variasi gaya dada diterima sebagai suatu gaya tersendiri pada tahun 1952.
Renang adalah suatu
jenis olahraga yang dilakukan di dalam air dan
merupakan cabang olahraga yang dapat dilakukan oleh siapa saja,
baik putra maupun putri. Olahraga renang termasuk olahraga yang paling
menyehatkan, sebab hampir semua otot tubuh bergerak dan berkembang dengan
mengoordinasikan kekuatan setiap perenang. Renang sangat populer di dunia baik
untuk rekreasi maupun untuk pertandingan sebagai salah satu cabang dari
olahraga. Renang merupakan kegiatan jasmani untuk manusia.
B. Sarana dan prasarana renang
a. Pakaian renang. Alat ini penting dipakai oleh setiap orang saat ingin berenang.
b. Papan pelampung. Alat ini bermanfaat dalam pelajaran terapung di air dan meluncur.
c. Alat bantu bernapas. Alat ini begitu penting untuk pemula. Alat ini biasa digunakan oleh penyelam.
d. Ban mobil bekas (bagian dalam ban mobil). Ban ini bermanfaat untuk belajar mengambang atau terapung di kolam.
e. Kacamata agar mata tidak kena air.
f. Pelampung kaki.
g. Sepatu katak.
h. Penjepit hidung.
i. Masker.
j. Stop watch.
B. Sarana dan prasarana renang
a. Pakaian renang. Alat ini penting dipakai oleh setiap orang saat ingin berenang.
b. Papan pelampung. Alat ini bermanfaat dalam pelajaran terapung di air dan meluncur.
c. Alat bantu bernapas. Alat ini begitu penting untuk pemula. Alat ini biasa digunakan oleh penyelam.
d. Ban mobil bekas (bagian dalam ban mobil). Ban ini bermanfaat untuk belajar mengambang atau terapung di kolam.
e. Kacamata agar mata tidak kena air.
f. Pelampung kaki.
g. Sepatu katak.
h. Penjepit hidung.
i. Masker.
j. Stop watch.
C. Macam-macam gaya dalam renang
Dalam olahraga renang, ada empat gaya yang lazim dipertandingkan, baik tingkat nasional maupun tingkat internasional, yaitu sebagai berikut:
a. Gaya dada
b. Gaya bebas
c. Gaya punggung
d. Gaya kupu-kupu.
D. Teknik dasar gerakan renang
Beberapa kemampuan dan gerakan teknik dasar yang perlu dikuasai oleh seorang perenang pemula, yaitu sebagai berikut:
a. Cara mengambil napas
b. Cara menyelam
c. Cara mengapung
d. Cara meluncur
e. Melakukan gerakan kaki
f. Melakukan gerakan lengan dan tangan
g. Gabungan antara gerakan kaki, lengan, dan bernapas
h. Latihan meloncat.
E. Kolam renang
Yaitu berupa kolam yang diisi dengan air dengan kedalaman tertentu dengan ukuran sebagai berikut:
a. Panjang kolam: 50 meter
b. Lebar kolam: 21 meter
c. Kedalaman: 1,8 meter di seluruh bagian kolam untuk olimpiade dan kejuaraan dunia
d. Jumlah lintasan: 8 lintasan
e. Lebar jalur atau lintasan: 2,5 meter, masing-masing dengan sisi luar lintasan 1 dan 8, ada dua ruang sebesar 50 cm masing-masing harus ada tali lintasan yang memisahkan kedua ruangan ini, masing-masing dengan lintasan 1 dan 8.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar